Proposal usaha



PROPOSAL

HIASAN PENSIL
PT. PENSIL TOPPER













Disusun Oleh:
Nama: VEGA AISYATUL RODHIYAH
Kelas: XII- A1
No.Absen:49/47

Jl. Bhayangkari 36-C Juwet Kenongo
Kec. Porong Kab. Sidoarjo, Jawa Timur




Lembar Pengesahan




PENGUJI







(M. Hafid S.com)









Kepala Sekolah








(Drs. Silvester Wara)









Kata Pengantar

Segala puja dan puji Allah SWT yang telah memberikan rahmat kepada kita semua, sehingga Tugas Prakarya tentang ‘’Hiasan Pensil’’ dapat diselesaikan.
Tugas Prakarya ini dibuat dalam rangka untuk memenuhi persyaratan tugas-tugas guru Prakarya.
Dengan segala kehendakan hati, penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan Tugas Prakarya ini, diantaranya kepada pihak-pihak yang turut membantu menyelesaikan Tugas Prakarya sederhana ini.
Semoga dengan adanya Tugas Prakarya ini dapat memberikan manfaat dan informasi bagi kita semua. Mengingat adanya kelemahan, dan keterbatasan, serta masih jauhnya Tugas Prakarya ini dari kesempurnaan, maka semua saran dan kritik yang inovatif serta membangun sangat baik kami harapkan demi Tugas Prakarya ini dan pelajaran bagi kami.



Porong, 2015
Penyusun
























Deskripsi Umum Usaha /Profil Usaha

Nama: Penghias Pensil

Bentuk :
 a) Animasi
b) Hewan
c) Buah
d) Cake
e) Nama

Jenis:  Kerajinan

Nama Pemilik: Vega Aisyatul Rodhiyah

Alamat: Jl. WR. Supratman





























DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan……….………………………………………..…..………………………....i.
Deskripsi Umum Usaha/Profil Usaha……………………….……….…...………………………ii
Daftar Isi……………………………………….…...………….…………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN………………………...……….………………………………………1
Latar Belakang………….……………………………………………………………...
Manfaat……………….………………………………………………………………..
Rumusan masalah…….………………………………………………………………..
Profil Organisasi……….………………………………………………………………
Visi Misi dan Tujuan….……………………………………………………………….
Produk………………….……………………………………………………………...
BAB II KEGIATAN PEMASARAN……..………………………………………………………3
Analisi SWOT…………………..……………………………………………………..
Analisi Pasar dan Pemasaran…...……………………………………………..……….
Strategi Peasaran…………..…..……………………………………………………….
BAB III ASPEK PRODUKSI………………………………………………………………..……6
Alokasi Usaha…………………………………………………………………...……..
Bahan Bku………………………………….………………………………………….
Proses Produksi………………………….…………………………………………….

BAB IV PENUTUP………………………………………………………………………………8

























BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang
   Dengan perkembangan zaman dan teknologi banyak orang sekarang mulai tidak peduli dengan bahan limbah. Sesungguhnya bahan limbah itu dapat merugikan manusia. Dan sebagian kelas bawah hanya bias mengumpulkannya di pasar loak. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat Kerajinan yang terbuat dari bahan limbah dengan harga yang cukup murah dan sangat ramah lingkungan.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha ‘’Penghias Pensil’’ ini, karna sebagian dari masyarakat menyukai Penghias Pensil karna bentuknya yang indah dan memiliki keindahan tersendiri. Penghias Pensil ini memiliki beraneka ragam bentuk, sehingga konsumen dapat memilih bentuk yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, Penghias Pensil ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk membeli Penghias Pensil ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usahaPenghias Pensil, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu:PENSIL TOPPER. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli Penghias Pensil kami dengan perasaan cinta kasih.

1. Manfaat Usaha

a. Manfaat Ekonomi
Usaha Pensil Hias ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan.


b. Manfaat Sosial

1) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Usaha Penghias Pensil ini cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati keindahan penghias pensil ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.

2) Bagi Masyarakat
Dengan adanya Penghias Pensil ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk menandai pensil miliknya jadi tidak bias tertukar. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.


2. Rumusan Masalah
a) Bagaimana tips untuk membuka usaha Penghias Pensil yang baik dan benar serta tidak merugi.
b) Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c) Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis Penghias Pensil.


3. Profil Organisasi
Nama Usaha: PENSIL TOPPER
Jenis Usaha: Kerajinan
Alamat: Jl. WR. Supratman
Pemilik: Vega Aisya

4. Visi, misi dan tujuan

a. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.

b. Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik

c. Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
• Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
• Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha

5. Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam bentuk yang dimiliki, seperti :
a) Animasi
b) Hewan
c) Buah
d) Cake
e) Nama
Dengan memiliki berbagai macam bentuk tersebut maka masyarakat dapat memilih bentuk yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.



BAB II
KEGIATAN PEMASARAN

B. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:

1. Faktor internal.
a . Strengths (Kekuatan)
• Penyajian dari Penghias Pensil ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
• Harga dari Penghias Pensil ini cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• Karna Penghias Pensil ini mempunyai banyak bentuk, sehingga konsumen dapat memilih bentuk yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapannya mudah di dapatkan.
b. Weakness (Kelemahan)
• Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.

2. Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang / kesempatan)
• Sebagian besar penjual Penghias Pensil yang ada hanya menawarkan bentuk yang umum maka saya bermaksud untuk memberikan bentuk yang berbeda.
• Karna Penghias Pensil ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.
b. Threats (Ancaman)
Melihat dari bnyaknya permintaan masyarakat dalammembeli Penghias pensil ini, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.




C. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha Penghias Pensil kelompok kami yaitu:

1. Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, di tempat kantin-kantin sekolah, Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

2. Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp2.000 per pack











D. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:

1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli Penghias Pensil di tempat kita.

2. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,

3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha Penghias Pensil ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

4. Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti bentuk animasi dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.







BAB III
ASPEK PRODUKSI
A.  Alokasi Usaha
Kami melaksanakan kegiatan usaha ini dalam mengikuti Tugas Prakarya di sekolah kami, SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong.

B.  Bahan Baku:
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas, yaitu sebagai berikut
Nama Produksi                                 : Hiasan Pensil
Waktu Produksi                                : 2 hari
Jumlah produk yang dihasilkan      : 10 buah
Rincian
Jumlah
Harga Satuan (Rp)
Biaya (Rp)
v  Bahan baku



1. Kain flanel
5 lembar
3000
15.000
2. Lem
1 buah
5000
5000
v  Tenaga kerja
-
-
-
v  Total biaya


20.000
Biaya Produksi : Jumlah Produksi = Harga Pokok Produksi
Yaitu, Rp 20.000 : 10 = 2000
C. Proses Produksi
  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Gambarlah pola bentuk hiasan yang ingin anda buat di atas kain flanel
  3. Lipat menjadi dua kain flanel dan gunting, guntingan kain flanel tersebut membentuk sisi depan dan sisi belakang
  4. Rekatkan dengan lem kedua sisi pola kain tersebut
  5. Tambahkan pelengkap hiasan diatasnya, character atau apapun yang anda inginkan
  6. lem dengan pola yang sudah dijahit tadi
  7. Hiasan pensil dapat digunakan dipensil


















BAB IV
PENUTUP

Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Penghias Pensil ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Bottom of Form

Komentar

Postingan populer dari blog ini

laporan

LP BIOTEKNOLOGI 2016-2017

D.O KYUNGSOO SARANGHAE^^